Tentang Internet | Islam dan Internet

by Yudiwijaya

Banyak orang (Khususnya muslim) yang beranggapan bahwa Internet itu adalah buatan dari kaum kafir, kaum yahudi bahkan ada juga yang beranggapan bahwa orang yang menggunakan Internet adalah musrik, orang yang hanya menghabiskan waktu kosongnya hanya untuk kesenangan semata, orang yang malas bekerja, dan pandangan lainnya yang tentu saja sebuah penghakiman untuk hal yang negatif saja.Kita dapat mengambil banyak kegunaan dari perangkat dunia ini dan mendorong agar kita dapat menjelajahi seluruh dunia. Bukankah Allah menegaskan agar umatnya untuk memperkuat serta mempererat tali silaturahmi dan menuntut Ilmu. Internetpun dapat digunakan sebagai alat untuk Mencari pengetahuan, Menuntut/berbagi ilmu dan juga sebagai alat memperkuat silaturahmi. Mengapa banyak pendapat miring tentang perangkat dunia ini sedemikian rupa. Apa yang penyebabnya ?Kurangnya Pengetahuan tentang kegunaan Internet adalah penyebab utamanya. Dari banyaknya pengguna internet, Sedikit orang yang mengerti dan mengetahui manfaat dari Internet. Internet tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, masih banyak instrumen lainnya dalam internet yang penting untuk mendukung penggunaan internet diluar sebagai sarana pendidikan dan pengetahuan. Contohnya: Bisnis, Sosialisasi/Silaturahmi dan bisa jadi penyampaian dakwah dalam ruang lingkup keagamaan.

Pada intinya adalah dampak yang ditimbulkan dari penggunaan Internet, positif dan negatiflah yang mempengaruhi calon atau pengguna Internet di zaman sekarang. Saat mereka bertemu dengan dampak negatif mereka tutup mata untuk menggunakan Internet, tapi ketika menemui dampak positif mereka kurang memperhatikan dampak negatifnya. Internet apakah yang memunculkan kedua dampak ini. Inilah yang perlu diluruskan bagi calon / pengguna Internet. Siapa yang bilang Internet memiliki dampak positif maupun negatif. Yang bilang ada negatif dan postifnya itu hanyalah si pengguna Internet, dari segi mana dia memandangnya. Mari kita luruskan dengan perumpamaan seperti berikut, “Semua benda apapun itu jika dipakai untuk hal yang positif maka akan berdampak baik, dan sebaliknya jika sebuah benda digunakan untuk hal negatif pasti pula dampaknya adalah keburukan”. Nah, dari penggunaannyalah Internet bisa dikatakan sebagai berdampak baik dan berdampak buruk, tapi jangan diklaim seluruh pengguna Internet dapat menjadikan Internet berdampak buruk, masih banyak pengguna yang menjadikan Internet sebagai manfaat. Pada artikel ini saya akan mengulas sedikit apa itu teknologi internet:

Internet merupakan dunia maya atau jaringan global komputer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari pengguna ke pengguna lainnya di seluruh belahan dunia dan berisi berbagai macam informasi mulai dari text (tulisan), gambar, audio (suara), video, dan lainnya. Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan lainnya. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data sampai ke pengguna.ISLAM DAN INTERNETMenyebarkan syiar Islam melalui internet adalah sesuatu yang tidak bisa lepas kita. Bahkan dengan perencanaan yang sederhana dan sumber daya yang terbatas kita dapat membangun proyek-proyek untuk menyebarkan cahaya Islam kepada orang-orang di berbagai belahan dunia.Dulu para ulama mengandalkan lisan untuk menyebarkan risalah para nabi dan banyak dari mereka yang menghabiskan waktu berbulan-bulan berkelana dengan kuda atau onta untuk berbagi kabar gembira tentang Islam kepada yang lain. Usaha keras yang luar biasa, melelahkan, menghabiskan banyak waktu dan kesulitan besar merupakan keadaan yang bisa menganggu hal utama. Perang suku, cuaca yang tidak bersahabat, dan peralatan sederhana hanyalah beberapa kondisi yang sering menghambat usaha berpergian demi jalan dakwah.Sekarang, ribuan tahun ke depan di masa kita era internet yang membuat komunikasi dan menyebarkan pesan Islam sedemikian cepat seperti kecepatan cahaya. Internet adalah alat dakwah paling berhasil di zaman modern dalam sejarah Islam. Informasi Islam yang asli dapat tersedia diberbagai website / blog. Terjemahan Alquran tersedia dan dapat diunduh di situs-situs Islam dalam berbagai bahasa. Setiap perbuatan, ucapan dan perilaku dalam kehidupan Nabi Muhammad saw serta para nabi sebelumnya pun dapat dengan mudah diakses dalam internet. Sebelum ada internet sulit bagi muslim atau bahkan muslim yang baru lahir (Mualaf) untuk mencari dan memperbarui basis pengetahuan keislaman mereka serta mempelajari tentang keyakinan mereka. Mereka benar-benar mengandalkan pencarian pengetahuan keislaman dari buku, cerita ataupun dari ceramah dalam ruang lingkup kecil saja.

Sekarang ini muslim-muslim baru dan bahkan non-muslim pun tertarik untuk mempelajari lebih banyak tentang Islam, hanya butuh untuk menjelajahi World Wide Web (WWW) untuk belajar lebih banyak tentang agama. Kenyataannya banyak mualaf yang mengakui bahwa internet merupakan bagian tak terpisahkan dari kepindahan mereka pada Islam, seperti mereka bertemu seorang muslim yang sedang online dan membantu menjawab pertanyaan mereka atau menemukan informasi yang dibutuhkan di sebuah situs Islam. Sebagaimana internet merupakan alat yang sangat kuat untuk menyediakan risalah Islam dan di sisi lain alat ini juga “merupakan alat yang ampuh untuk menghancurkannya”. Musuh-musuh Islam baik dari dalam islam sendiri telah membangun web palsu yang seolah-olah terlihat Islam dengan tujauan untuk menyesatkan umat muslim. Beberapa musuh-musuh ini telah menciptakan situs penjual kebencian yang terang-terangan menyerang Islam dan umat muslim. Perhatian lebih dan akal sehat harus diperhatikan ketika mengandalkan internet untuk pengetahuan keislaman.Para webmaster Islam menghadapi tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa semua isi web dalam situs mereka benar-benar mengikuti ajaran Alquran dan Nabi Muhammad SAW. Mereka juga harus menaruh perhatian penuh pada lalu lintas web dan marketing untuk memastikan bahwa peringkat situs mereka lebih tinggi dalam mesin pencari (search engine) dari pada situs palsu. 
KesimpulanPada inti dari artikel ini adalah internet sebagai salah satu alat pembentuk sumber pengetahuan. Berbagilah ilmu dan info dengan saudara, teman dan keluarga. Itulah salah satu manfaat Internet yang menjadikan Internet berdampak Positif. Contohnya adalah dengan membentuk sebuah website/blog. Saya dapat berbagi catatan tentang informasi, berita dan lainnya tentang kehidupan sosial, agama dan banyak lagi yang belum kita saling ketahui.Disadur dari berbagai Sumber dan Pengalaman.

You may also like

Leave a Comment